,


















• 05 November 2016
Pesta Pantai 2016 Selat Baru Kab. Bengkalis

• 26 Juli 2016
Halal bi Halal Pemkab Bengkalis Dengan Masyarakat Bengkalis yang ada di Pekanbaru

• 19 Juli 2016
Ramah Tamah dan Halal bi Halal Pemerintah Kab.Bengkalis

• 22 Maret 2016
Pelaksanaan Musrembang Kabupaten Bengkalis


RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KECAMATAN MANDAU

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang


Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau yang dibangun di atas tanah seluas 25.600 m2 , dengan luas bangunan 17.456 m2 berada di wilayah Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, memiliki tempat tidur yang disediakan sebanyak 156 TT dan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan lainnya.

Pendirian RSUD Kecamatan Mandau ini merupakan wujud komitmen nyata dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan status dan kapasitas pelayanannya kepada masyarakat sehingga menjadi pilihan masyarakat dalam bidang kesehatan, mulai dari tahun 2003 Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah melaksanakan pembangunan gedung Rumah Sakit yang akan merubah wajah pelayanan  kesehatan di Kecamatan Mandau. Hal tersebut diikuti dengan penyediaan berbagai alat kesehatan secara bertahap yang dipergunakan untuk menunjang kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan semangat dan dimotivasi oleh etos kerja yang tinggi disamping pembangunan fisik dan penyediaan alat kesehatan, RSUD Kecamatan Mandau akan dikelola oleh tenaga medis dan non medis secara professional baik dokter umum maupun pelayanan medis spesialistik.

BAB II
STRUKTUR ORGANISASI

A.    Struktur Organisasi dan Kepegawaian

Struktur Organisai Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau yang ada saat ini adalah sebagai berikut:

 
KONDISI INTERN RSUD KECAMATAN MANDAU
KABUPATEN BENGKALIS


A.    Sejarah Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau difungsikan pada 1 Maret 2008. Saat ini RSUD Kecamatan Mandau sudah memberikan pelayanan Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan kapasitas 156 tempat tidur.
Letak RSUD Kecamatan Mandau di Jalan Stadion No. 10. Kelurahan Air Jamban Duri.

B.    Visi, Misi, dan Motto

VISI
“Menjadi Rumah Sakit Andalan dan Pusat Rujukan Spesialistik di Kabupaten Bengkalis”

MISI
A.    Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia.
B.    Meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan rumah sakit.
C.    Meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.
D.    Meningkatkan kesejahteraan karyawan secara adil dan manusiawi.
E.    Mengembangkan sistem informasi manajemen (SIM) rumah sakit.

MOTTO
“Ikhlas dalam bekerja, santun dalam melayani”

C. Sumber Daya Internal RSUD Kecamatan Mandau

Identitas Rumah Sakit
1. Nama                           :    Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis
2. Kode Rumah Sakit    :   14 08 0 32   
3. Alamat                          :    Jl. Stadion No.10 Duri
Telpon                              :   (0765) 7038918
Faksimile                        :   (0765) 596348
Email : rsud.mandau@ yahoo.com
4. Letak                             :     Di Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis
5. Status Kepemilikan    :     Pemerintah Kabupaten Bengkalis
6. Klasifikasi RSUD        :     Klas C
7. Kapasitas TT               :     156 TT ( Kelas VIP, I, II, dan III )
       Kelas III    ( 56 TT),
       Kelas II     (43 TT),
       Kelas I      ( 30 TT),
       Kelas VIP ( 12 TT )


8. Dasar Hukum           :     Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.
9. Izin Operasional          :  446.1/Akr-1/2011/01.19 (Ijin Operasional Tetap)
9. Luas Lahan                  :  25.600 m2
10. Luas Bangunan       : 17.456 m2
11. Cakupan Wilayah    :  Seluruh Wilayah di Kecamatan Mandau, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

D.   Ketenagaan
Jumlah Tenaga sebanyak 259 orang terdiri dari tenaga kesehatan dan non kesehatan (PNS, honorer pemda dan Tenaga Sukarela) dengan rincian sebagai berikut:
1.    Dokter Spesialis                                     : 14 orang
-    Spesialis Obgyn                                       : 3 orang
-    Spesialis Anak                                          : 2 orang
-    Spesialis Bedah                                       : 1 orang
-    Spesialis Penyakit Dalam                      : 2 orang
-    Spesialis Anestesi                                   : 1 orang
-    Spesialis Radiologi                                 : 1 orang
-    Spesialis THT                                           : 1 orang
-    Spesialis Mata                                          : 1 orang
-    Spesialis Kulit dan kelamin                   : 1 orang
-    Spesialis Patologi Klinik                         : 1 orang           
2.    S-2 Kesehatan (MARS)                          : 1 orang
3.    Dokter Umum                                         : 14 orang   
4.    Dokter Gigi                                              : 4 orang
5.    Apoteker                                                  : 2 orang
6.    Sarjana Kesehatan Masyarakat           : 6 orang   
7.    Sarjana Keperawatan                            : 7 orang
8.    Sarjana Hukum                                       : 1 orang
9.    Sarjana Tekhnik                                      : 1 orang
10.    Sarjana Gizi                                           : 1 orang
11.    Sarjana Ekonomi                                  : 2 orang
12.    D IV BIDAN                                             : 7 orang
13.    D.III /AKBID                                             : 10 orang
14.    Perawat Bidan                                       : 14 orang
15.    D.III/ AKPER                                         : 45 orang
16.    D.III GIZI                                                : 3 orang
17.    AMKL ( Kesehatan Lingkungan)          : 2 orang
18.    AMRO ( Resepsionos Option)              : 2 orang
19.    D.III OT (Okufasi Terapi)                      : 1 orang
20.    D.III AMF (Fisioterapi)                            : 2 orang
21.    D III  AKAFARMA (Farmasi)                   : 4 orang
22.    Akademi Perawat Anastesi (AMK.Am)     : 1 orang
23.    D.III AA (Laboratorium)                               : 4 orang
24.    D.III Radiologi                                            : 3 orang
25.    D.III Rekam Medis                                      : 1 orang
26.    D.III Akuntansi                                         : 1 orang
27.    D.III Akuntansi dan Komputer                   : 1 orang
28.    DIII Kesehatan Gigi                                   : 1 orang
29.    SMAK                                                      : 3 orang
30.    SPK                                                         : 5 orang
31.    SPRG                                                      : 3 orang
32.    SPAG                                                       : 1 orang
33.    SMA                                                         : 3 orang
34.    SMF/SAA                                                   : 4 orang
35.    Tenaga Adminstrasi                               : 19 orang (honorer)
36.    Tenaga Supir                                           : 4 orang (honorer)
37.    Teknisi /Operator                                    : 7 orang (TKS)
38.    Tenaga Kebersihan                               : 40 orang (TKS)
39.    Satpam                                                    : 16 orang (TKS

E.    Fasilitas Pelayanan
Instalasi Rawat Jalan


•    Poliklinik Spesialis Obsgyn
•    Poliklinik Spesialis Anak
•    Poliklinik Spesialis Bedah
•    Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam
•    Poliklinik Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin.
•    Poliklinik Mata
•    Poliklinik Gizi
•    Poliklinik THT
•    Poliklinik Umum
•    Poliklinik Gigi
•    Poliklinik Fisioterapi

Instalasi Rawat Inap

•    Rawat Inap Obgyn
•    Rawat Inap Bedah
•    Rawat Inap Penyakit Dalam
•    Rawat Inap Anak

F.   Pelayanan Gawat Darurat
•    Pelayanan 24 jam

G.  Pelayanan Kamar Operasi

     Pelayanan operasi telah dilaksanakan sejak pertengahan Desember tahun 2010.

a.  Sarana dan Prasarana
     Sarana/Gedung :
•    Ruang Gawat Darurat
•    Ruang Persalinan
•    Poliklinik Spesialis
•    Ruang Rawat Inap ( Kelas VIP, Kelas I, Kelas II dan Kelas III)
•    Instalasi Penunjang Medik (Radiologi, Farmasi, Laboratorium, Gizi,     dan Fisioterapi)
•    Instalasi Bedah Sentral
•    Instalasi Prasarana dan Sarana
•    Laundry
•    Ruang Pemulasaran Jenazah
•    Rumah Dinas Dokter 11 unit
•    Ruang administrasi ( Rekam Medis )
•    Incenerator dan Genset (M/E)
•    Boiler
•    Pengolahan Air Bersih
•    Pengolahan Limbah Cair

b.  Pelayanan Administrasi

    Merupakan tempat pelayanan administrasi yang meliputi :
•    Pendaftaran pasien baru maupun lama dengan tujuan Poliklinik, Laboratorium dan Radiologi.
•    Pendaftaran pasien gawat darurat.

c.    Peralatan
•    Sebagaimana daftar terlampir.

d.   Kendaraan
•    Ambulance            : 2 unit
•    Mobil jenazah        : 1 unit


SUSUNAN ORGANISASI

 a. DIREKTUR
  Nama Pejabat : dr. ERSAN SAPUTRA TH
NIP. 19740202 200312 1 007
   
 b. BAGIAN TATA USAHA
  Nama Pejabat : drg SRI SADONO
NIP.
  Terdiri dari :
  1) Sub Bagian Administrasi dan Kepegawaian
  2) Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan
  3) Sub Bagian Penyusunan Program
   
 c. BIDANG PELAYANAN
  Nama Pejabat : drg.DONA SARI NASUTION
NIP. 19770517 200801 2 022
  Terdiri dari :
  1) Seksi Pelayanan Medik
  2) Seksi Penunjang Medik
   
 d. BIDANG KEPERAWATAN
  Nama Pejabat : SRI HARTINI, AMK
NIP. 19701102 199012 2 001
  Terdiri dari :
  1) Seksi Mutu Keperawatan
  2) Seksi Asuhan Keperawatan
   
 e. BIDANG HUMAS DAN SDM
  Nama Pejabat : IWAN RIDWAN, SKM
NIP. 19710526 199102 1 001
  Terdiri dari :
  1) Seksi Humas dan Pemasaran
  2) Seksi Pengembangan SDM
   
 f. INSTALASI-INSTALASI
   
 g. KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
   
 h. STAF MEDIK FUNGSIONAL
   

Update : 12-02-2018