,


















• 05 November 2016
Pesta Pantai 2016 Selat Baru Kab. Bengkalis

• 26 Juli 2016
Halal bi Halal Pemkab Bengkalis Dengan Masyarakat Bengkalis yang ada di Pekanbaru

• 19 Juli 2016
Ramah Tamah dan Halal bi Halal Pemerintah Kab.Bengkalis

• 22 Maret 2016
Pelaksanaan Musrembang Kabupaten Bengkalis


Investasi Air Bersih

Pengembangan Air Bersih Kota Duri

 Lokasi : Duri Kecamatan Mandau
 Klasifikasi Proyek
: Sektor Air Bersih
 Penanggungjawab : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
 Pemilik Proyek
: Pemerintah Kabupaten Bengkalis

a. Gambaran Umum

Perkembangan dan peningkatankualitas kehidupan masyarakat Kabupaten Bengkalis menuntut adanya perbaikan dan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk ketersediaan air bersih. Permintaan air bersih yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan penduduk. Begitu jugadi Kecamatan Mandau, khususnya di Kota Duri.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Duri (di luar kebutuhan karyawan/karyawati  PT Chevron), PDAM Kabupaten Bengkalis merupakan satu-satunya jasa penyedia layanan air bersih yang dilakukan PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri.

Duri sebagai kota indutri dan wilayh diKabupaten BEngkalis dengan pertumbuhan penduduk tertinggi serta dijadikannya Mandau dan Pinggir sebagai kawasan kota transit, petropolis dan agroindustri sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis 2010-2015, maka kebutuhan dan permintaan air bersih, bukan hanya di DUri, tetapi juga di kedua kecmatan tersebut, kedepannya dapat diapstikan mingkat secara signifikan.

Adapun kebijakan Pemerintah Pusat yang telah disepakati dalam forum Millenium Development Goal's (MDGs), pada tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga menargetkan setidaknya 80 persen penduduk Mandau dan Pinggir sudah mendapat akses air bersih. Guna memenuhi target dimaksud masih diperlukan kapasitas produksi rata-rata 1.000 liter/detik.

b. Kondisi Eksisting

  • Tersedianya dua sungai besar sebagai sumber air baku dengan debit air yang sangat besar, yaitu sungai Rangau dan sungai Sekapas.
  • Mandau dan Pinggir masing-masing terdiri dari 15 desa/kelurahan dan 13 desa/kelurahan, sementara pelayanan PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri baru terakses untuk 10 desa/kelurahan atau 35,71 persen
  • Penduduk Mandau dan Pinggir pada tahun 2009 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkalis, masing-masing 217.355 jiwa (52.675 keluarga) dan 77.398 jiwa (18.078), sedangkan yang baru terlayani 43.440 jiwa atau 14,74 persen
  • Instalasi PEngolahan Air (IPA) PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri saat ini memiliki kapasitas terpasang 140 liter/detik dan telah ditambah dengan dibangunnya IPA Plat Baja dengan kapasitas terpasang 100 liter/detik
  • Volume reservoar sebesar 4.850 m³ dan jumlah pelanggan aktif pada desember 2010 tercatat sebanyak 8.688 sambungan rumah (SR)
  • Kapasitas terpasang saat ini hanya mampu memproduksi air bersih rata-rata 7.614 m atau kapasitas produksi hanya 90 liter/detik
  • Jangkauan pipa PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri sepanjang 95.000 m
  • Pengelolaan dan pendistribusian air bersih oleh PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri ke pelanggan sudah dilaksanakan selama 24 jam.

d. Kontak Person
    a. NOVA NOVIANTI, SE

       Direktur PDAM Kabupaten Bengkalis
       Telp    : +62-766-22950
       Fax        : +62-766-22950
       E-mail    : pdam@pdambengkalis.co.id
       Alamat    : Jln. HR. Soebrantas, Wonosari Timur, Bengkalis 28751

   b. NASRUN, S.Si
       Kepala Bagian Teknik dan Perencanaan PDAM Kabupaten Bengkalis
       Telp    : +62-766-22950
       Fax        : +62-766-22950
       E-mail    : pdam@pdambengkalis.co.id
       Alamat    : Jln. HR. Soebrantas, Wonosari Timur, Bengkalis 28751

    c. IRDAN, SP

       Kepala PDAM Kabupaten Bengkalis Cabang Duri
       Telp    : +62-765-595322
       Fax        : +62-765-595322
       E-mail    : pdam@pdambengkalis.co.id
       Alamat    : Jln. Karya Bakti No. 63  Simpang Tiga Babussalam, Duri

e. Peran Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Sesuai peraturan perundang-undangan, dalm pengembangan pengolahan air bersih di kota Duri     ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan memberikan berbagai kemudahan  kepada para investor, berupa:
  •    Penyediaan sarana dan prasarana pendukung
  •    Penyediaan lahan atau lokasi
  •    Percepatan pemberian perizinan

a. Struktural Finansial
Build, Operation and Transfer (BOT)

b. Insentif Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Sesuai peraturan perundang-undangan, insentif yang dapat diberikan Pemerintah Kabupaten   Bengkalis bagi investor untuk pengembangan pengolahan air bersih di Duri ini berupa pengurangan,keringanan atau pembebasan pajak daerah dan retribusi daerah.

f. Bentuk Investasi
Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau Penanam Modal Asing (PMA).

g. Status Proyek saat Ini

• Feasibility Study (FS) dan Detail Engenering  Design (DED) sudah dilakukan.
• FS atas air baku Sungai Kapas belum dilakukan, namun Kecamatan Mandau pernah menjadi     kandidat penyaluran bantuan Bank Dunia (World Bank) untuk pengembangan air minum.

h. Prosedur dan Proses

Proses dan prosedur penanaman modal mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal serta peraturan perundang-undangan lainnya dengan melibatkan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

a. Peraturan Daerah
• Peraturan Daerah Provinsi Riau No. 15 Tahun 2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Provinsi Riau 2008-2013.
• Peraturan Daerah Provinsi Riau No. 17 Tahun 2008 tentang Pembangunan Kawasan Ekonomi Andalan Duri-Dumai-Rupat.
• Peraturan Daerah Kabubaten Daerah Tingkat II Bengkalis No. 4 Tahun 1994 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis.
• Peraturan Bupati Bengkalis No. 9 Tahun 2008 tentang Penetapan Tarif Air MInum Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bengkalis.
• Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis No. 9 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2010-2015.

b. Lisensi
1.Izin Lokasi
2.Izin Mendirikan Bangunan
3.Izin Gangguan (HO)
4.Rekomendasi Analisa Dampak Lingkungan
5.Kontrak kerjasama Investor dengan Pemerintah dan PDAM Kabupaten Bengkalis.

 

Update: 30 agustus 2013